Bagikan Artikel ini Melalui SosMed Anda~Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Pengidap kanker pada umunya tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan, tidak terkecuali penderita kanker getah bening.  Secara khusus anda harus mengetahui makanan apa saja yang dianjurkan dalam proses penyembuhan kanker kelenjar getah bening. Pengetahuan tentang hal ini sangat penting agar orang di sekitar kita yang menderita penyakit ini tidak semakin parah hanya karena salah mengkonsumsi makanan.

Di sekitar kita banyak makanan dianjurkan untuk dikonsumsi, makanan tersebut mengandung senyawa aktif yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker serta melancarkan saluran limfatik tempat kelenjar getah bening berada. Bahkan memaksa sel-sel kanker untuk melakukan bunuh diri dengan menghambat sintesis protein pada inti sel kanker. Disamping itu dapat pula mencegah terjadinya inflamasi pada sel kanker yang dapat memperburuk kondisi penyakit. Berikut beberapa diantaranya:

1.    Buah dan sayuran mentah
Di dalam buah dan sayuran yang masih mentah, terkandung enzim dan zat anti oksidan yang membantu sistem limfatik menjadi lancar dan melawan radikal bebas di dalam tubuh. Buah seperti apel akan bermanfaat bagi sistem limfatik tersebut. Selain itu dengan mengkonsumsi salad yang terdiri dari sayuran berwarna hijau gelap dan buah-buahan mentah yang segar akan semakin mempercepat proses kesembuhan pengidap kanker.

2.    Makanan yang mengandung lemak tak jenuh
Menurut peneliti disebutkan bahwa, lemak yang kita makan sebetulnya melewati dahulu sistem limfatik sebelum masuk ke hati. Oleh sebab itu, makan makanan yang mengandung lemak tak jenuh atau lemak yang sehat. Beberapa makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, zaitun, wijen, tahu, dan buah alpukat.

3.    Makanan kaya curcumin
Zat Curcumin banyak terletak pada kunyit, kandungan curcumin dan anti oksidan yang tinggi pada kunyit berkhasiat mencegah dan mengobati kanker serta menangkal radikal bebas. Biasanya akan sulit memakan kunyit apabila belum diolah, kita dapat mengolahnya dengan membuat nasi kuning yang di mana warna kuningnya berasal dari kunyit yang dihaluskan atau bisa membeli multivitamin dengan bahan dasar Kunyit.

4.    Makanan yang mengandung kalium
Zat kalium mampu meningkatkan fungsi dari drainase sistem limfatik yang secara langsung membantu peredaran cairan getah bening. Beberapa makanan yang mengandung kalium tersebut antara lain pisang dan kentang yang dapat kita temui dengan mudah dalam berbagai bentuk olahan makanan.

Banyak sekali makanan alternatif untuk mempercepat proses penyembuhan kanker kelenjar getah bening, sehingga tentunya kita tidak akan sulit menentukan apa yang ingin kita konsumsi. Semoga artikel ini dapat membantu kita dan orang-orang yang berada di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *